Jalan lintas Majenang menjelang Lebaran

perbatasan jateng

jalan ciamis  jalan majenang

Perbedaan sangat mencolok kondisi jalan di wilayah Provinsi Jabar dan Jateng akan sangat terasa bila melakukan perjalanan mudik melalui Jalur Lintas Selatan Jawa. Disepanjang jalan di wilayah Jabar pemudik merasakan kondisi jalan yang lebar, mulus, dan terawat sehingga memberikan kenyamanan dalam perjalanan, namun selepas Kota Banjar pemudik akan merasakan hal yang sebaliknya.

Memasuki wilayah Dayeuhluhur sampai Wanareja (Prov. Jateng) pemudik akan "disuguhi" kondisi jalan yang sempit, berkelok, berlubang, dan bergelombang serta pada malam hari terasa gelap dikarenakan minimnya lampu penerangan jalan. Menjelang memasuki wilayah Majenang, pemudik akan melewati tanjakan/turunan yang berliku dan relatif sempit yang dikenal dengan "Cikukun". Di tempat ini pemudik diharapkan untuk ekstra hati-hati karena kawasan ini dikenal sebagai kawasan rawan kecelakaan dan bencana alam (tanah longsor).

Memasuki wilayah Majenang sampai dengan Cimanggu kondisi jalan akan relatif lebih baik meski tidak menyeluruh, karena pada beberapa bagian jalan akan dijumpai kondisi jalan yang bergelombang dan bahkan berlubang cukup dalam. Memasuki Karangpucung kondisi jalan akan kembali baik sampai memasuki Wilayah Kab. Banyumas. Namun, diharapkan untuk selalu waspada karena lintasan antara Karangpucung sampai Wangon (Banyumas) kondisi jalan berupa tanjakan/turunan dan banyak tikungan-tikungan tajam.

  • salam kenal…sip sekali buat situsnya, semoga lebih menginfokan majenang lagi di dunia maya…menuju kabupaten majenang….saya orang cilempuyang….

  • Salam kenal kembali buat mas Fajar, terima kasih atas apresiasinya untuk majenang.net yang hanya sebuah keisengan belaka. Semoga kami dapat membawa manfaat…

  • ad

    Pada arus mudik lebaran Juli 2014 secepatnya jalan dari Majenang sampai Wangon Banyumas harus diperbaiki agar nyaman dilewati pemudik tujuan Purwokerto dan Yogya. Saya juga berharap Pemkab Cilacap beserta Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah dapat memanfaatkan mekanisme KUNINGAN SUMMIT wadah kerjasama pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan perbatasan antara Pemprov Jawa Barat dan Pemprov Jawa Tengah. Mudah-mudahan ditahun 2014 ada progam pelebaran jalan dari kota Majenang menuju Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Diharapkan jalan tersebut layak dan aman di lewati kendaraan bus AKAP tujuan Jakarta. Atau bisa juga bus AKAP PO. Garpuraning Rahayu membuka trayek Cilacap-Karangpucung-Majenang-Salem-Cibingbin-Kuningan-Jakarta. Jalur ini ke depan bisa membuka potensi-potensi ekonomi warga perbatasan sehingga kesejahteraan meningkat.